Ka.Kankemenag Pinta Guru Bisa Mengikuti Perubahan Kurikulum


Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut (Tala) H.M. Rusdi Hilmi mengatakan dengan adanya perubahan kurikulum pada Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab, tenaga pendidik atau guru bisa mengikuti perubahan kurikulum yang telah dikeluarkan Menteri Agama RI.

“Kurikulum baru ini sudah berjalan di semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021, karena sudah berjalan satu semester seharusnya guru tidak ada kendala dan sudah bisa menyesuaikan dengan perubahan tersebut,” ujar Rusdi Hilmi diarahannyapada acara Workshop Adaptasi Implementasi KMA 183 dan 184 Tahun 2019 Di Era Pandemi Covid-19, Senin (09/11/20) pagi di aula Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tala.

Ka.Kankemenag juga mengatakan dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Agama (KMA) 183 dan 184 Tahun 2019, maka KMA 165 Tahun 2014 tidak berlaku lagi. Secara umum KMA 165 Tahun 2014 dan KMA 183 Tahun 2019 masih sama yang mencakup Mapel Quran Hadist, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab. “Yang membedakan hanya substansi materi pelajarannya yang disesuaikan dengan perkembangan kehidupan abad 21 saat ini,” katanya.

Melalui KMA baru tersebut, Ka.Kankemenag berharap dapat melahirkan generasi muda yang memiliki pola pikir dan sikap keagamaan yang moderat, inklusif, berbudaya, religius serta memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia.

Sebelumnya Ketua MGMP PAI dan Bahasa Arab Kabupaten Tala Muhammad Rani mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut guna mensosialisasikan KMA baru dengan harapan seluruh guru PAI dan Bahasa Arab di Tala dapat memahami lebih dalam tentang KMA 183 dan 184 Tahun 2019.

“Semoga dengan workshop ini kita dapat bertukar pikiran dan menyamakan persepsi dalam penerapan KMA baru ini saat menjalankan tugas sebagai tenaga pendidik demi kemajuan dunia pendidikan kita kedepan,” harap Rani.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, dari 09 s.d. 10 November 2020 dengan 40 peserta yang terdiri dari guru PAI dan Bahasa Arab dilingkungan madrasah tsanawiyah di Kabupaten Tanah Laut.

 

Posting Komentar

0 Komentar