Ka.Kankemenag: Asesmen Salah Satu Upaya Lahirkan PNS yang Kompeten


“Asesmen merupakan salah satu bentuk upaya Kementerian Agama untuk melahirkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berkompeten dan profesional,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Laut (Ka.Kankemenag Tala) H.MRusdi Hilmi usai mengikuti pembukaan Pelaksanaan Asesmen Pemetaan Jabatan Administrasi Di Lingkungan Kemenag RI, Selasa (24/11/20) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tala secara virtual zoom meeting.

H. Rusdi mengatakan pihaknya sangat menyambut baik dengan adanya asesmen tersebut, sehingga kedepannya akan kita dapatkan PNS yang memiliki kompetensi di bidang masing-masing.

“Saya berharap semoga kegiatan ini nantinya akan membawa perubahan baru untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta meningkatkan kualitas layanan di Kemenag,” ucapnya.

Sekretaris Jenderal Kemenag RI Nizar Ali disambutannya mengatakan program asesmen tersebut sebagai bentuk implementasi keluarnya Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Uji Kompetensi bagi PNS dilingkungan Kemenag.

“Peningkatan SDM menjadi sangat penting karena ini merupakan indikator penting dalam peningkatan layanan, oleh karena itu Kemenag mengeluarkan beberapa kebijakan yang mengusung sloga Profesionalisme PNS,” katanya.

Pelaksanaan asesmen merupakan salah satu program dari Biro Kepegawaian Kementerian Agama berdasarkan UU No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah no 11 Tahun 2017 Jo PP No 17 Tahun 2020 dan PMA No 1 Tahun 2020 Tentang Uji Kompetensi Bagi PNS di lingkungan Kemenag.

Adapaun pelaksanaan asesmen kali ini diikuti 9 Provinsi dengan jumlah peserta sebanyak 1.305 orang, yang terdiri dari Provinsi Sulawesi Selatan 166, Provinsi Jawa Tengah sebanyak 166 orang, Provinsi Kalimantan Selatan 145 orang, Provinsi Jawa Timur sebanyak 176 orang, Provinsi DKI Jakarta 155 Orang, Sumatera Selatan 114 orang, Kalimantan Barat 124 orang, Papua Barat 104 orang dan Sumatera Utara 155 orang.

 

Posting Komentar

0 Komentar