Ka.Kankemenag Tala Berikan Tausiyah Ramadhan

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut, H. Rusmadi, S.Ag., S.Pd.I., MM berikan tausiyah ramadhan 1437H/ 2016M sesudah shalat Zuhur di Mushalla Al-Ikhlas di Lingkungan Kankemenag Tala, Senin (06/06/16).

Tausiyah tersebut merupakan pembuka agenda kegiatan Kankemenag selama bulan ramadhan yaitu kuliah tujuh menit (Kultum) sesudah shalat zuhur berjamaah dengan harapan memberikan pencerahan dan tambahan ilmu pengetahuan bagi karyawan dan karyawati di lingkungan kankemenag.

H.Rusmadi dalam tausiyahnya menerangkan kita sebagai umat Islam pada bulan ramadhan diwajibkan untuk berpuasa sebagaimana telah diterangkan dalam QS. Al Baqarah: 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa,”. Ayat tersebut mengandung banyak pelajaran berharga berkaitan dengan ibadah puasa. “Mari kita sambut bulan ramadhan ini dengan suka cita dan gunakan sebaik mungkin untuk melaksanakan kebaikan,” terangnya.

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah ‘Azza wa Jalla telah mewajibkan kepada kalian berpuasa didalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan jahat akan diikat. Demi Allah, di bulan itu ada malam yang lebih baik dari pada seribu bulan, barang siapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia terhalang,” (HR. Nasaa’i).

Menurutnya, hadis tersebut memberikan penjelasan: Pertama, Bulan Ramadhan adalah bulan suci, bulan yang penuh keberkahan, yang didalamnya diwajibkan berpusa bagi orang beriman. Kedua, Puasa Ramadhan adalah salah satu pilar/sendi/dasar/rukun Islam. Ketiga, sebelum berpuasa Ramadhan malam harinya (sebelum terbit  fajar) harus sudah menetapkan niat puasa.

Keempat, Puasa Ramadhan hendaknya didahului dengan makan sahur. Kelima, apabila bulan Ramadhan datang, maka semua pintu surge dibuka, semua pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu atau diikat. Keenam, didalam bulam Ramadhan terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam Lailatul Qadar.

Hal tersebut sebagaimana diriwiyatkan dalam sebuah hadits Nabi Muhammad Saw, “Didalamnya terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barang siapa yang terhalangi darinya, maka sungguh telah terhalangi kebaikan seluruhnya, (HR. Ibnu Majah dan Ahmad).
 
Oleh karena itu, Ka.Kankemenag berpesan agar umat Islam jangan sampai melalaikan ibadah puasa dan diharapkan selalu meningkatkan kualitas ibadahnya dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.

Posting Komentar

0 Komentar