Ka.Kankemenag: Kerukunan Umat Dimulai Dari Umatnya Sendiri

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut (Kab.Tala) H.Rusmadi, S.Ag, S.Pd.I, MM mengatakan membina kerukunan umat beragama tidak bisa semata-mata dibebankan kepada pemerintah, akan tetapi umat beragama itu sendiri yang pertama harus memulai, “Kerukunan umat akan tercipta dimulai dari umatnya sendiri,” tegasnya saat memberikan materi pada Kegiatan Pertemuan Penyuluhan Peningkatan Toleransi dan Kerukunan Dalam Kehidupan Beragama, di Aula Dinas Pendidikan, Rabu (29/06/16).

Lebih Lanjut H. Rusmadi mengatakan yang paling mendasar dalam meningkatkan toleransi dan kerukunan umat beragama yakni memperkuat dasar-dasar kerukunan internal dan antar umat beragama dengan pemerintah. Pihaknya mengatakan sejauh ini Kemenag berupaya semaksimal mungkin membangun harmoni sosial dan persatuan seluruh umat beragama dengan melakukan eksplorasi secara luas tentang pentingnya nilai-nilai kemanusiaan.

Ka.Kankemenag juga berharap dalam menjalankan agama agar tidak mencampuri urusan akidah/dogma dan ibadah suatu agama antar sesama. “Jangan mengganggu orang lain yang berbeda agama dan keyakinan untuk mengikuti agama kita,” pesannya.

Sebelumnya Panitia pelaksana mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk menumbuh kembangkan keharmonisan, saling pengertian, menghormati dan saling percaya antar umat beragama dan memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat dalam beragama.
 
Acara dihadiri sebanyak 50 orang peserta yang terdiri dari Tokoh lintas agama, Ketua FKUB masing-masing kecamatan, tokoh masyarakat serta aparat kecamatan dengan menghadirkan narasumber sebanyak 3 orang, Kepala Kankemenag Tala, Ketua FKUB Tala, dan Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan.

Posting Komentar

0 Komentar