Ka.Kankemenag: Program KB Sejalan dengan Ajaran Islam

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kab. Tala H.Rusmadi, S.Ag., S.Pd.I., MM menyampaikan materi dengan tema Program KB Menurut Pandangan Agama Islam yang dihadiri peserta Penyuluh KB Kecamatan se-Kabupaten Tala sebanyak 50 orang. 

Dikatakannya, program KB sejalan dengan firman Allah SWT dalam Alqur’an Surah An-Nisa ayat 9 yang artinya “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap kesejahteraan mereka”.

H.Rusmadi mengatakan Kementerian Agama (Kemenag) mempunyai program yang mendukung program kependudukan dan keluarga berencana. “Kemenag Tala mendukung terhadap Program KB, diantaranya dilaksanakannya penanganan masalah perkawinan di bawah umur, pergaulan bebas, sosialisasi keluarga sakinah, sosialisasi program KB dan pelayanan nikah, yang merupakan program dari Seksi Bimas Islam di Kemenag,” ujarnya selaku pemateri pada Orientasi Pengelolaan Program Keluarga Berencana, di Aula BPPKB Kab. Tala Selasa (31/05/16).

Sementara itu, Kepala Badan PP dan KB  Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Tanah Laut Hj. Noor Aida, S.Sos mengatakan pihaknya mengharapkan adanya komunikasi dan kerjasama Kementerian Agama, Dinas Kesehatan, BKKBN, dan Capil agar nantinya segala yang dilakukan berlandaskan insani dan berpayungkan hukum dalam memberikan penerangan kepada masyarakat. 

“Kita dapat menjalankan program pemerintah salah satunya dengan menyelipkan program pemerintah tentang pemberdayaan wanita dan KB pada khutbah sholat jum’at,” ujarnya.

Selanjutnya Noor Aida mengatakan semua pihak harus terlibat dalam upaya pengendalian penduduk dan pembentukan keluarga sejahtera melalui program KB dengan upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan melalui promosi, perlindungan dan langkah sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Posting Komentar

0 Komentar