Kemenag Siap Wujudkan Tala Kota Layak Anak

Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut (Tala) siap mendukung dan mewujudkan sebagai Kota Layak Anak (KLA).
“Kemenag siap mendukung KLA tersebut,” ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) usai mengikuti persiapan Verifikasi lapangan KLA Tahun 2019, Kamis (02/05/19) di aula rapat DP2KBP3A.

Lebih lanjut H. Zairin menjelaskan, penilaian lapangan tersebut merupakan upaya untuk membuktikan bagaimana program Kota ataupun Kabupaten Layak Anak di Tala sudah terpenuhi atau masih perlu perbaikan kedepan sehingga Kabupaten Tala yang sebelumnya predikat KLA Madya.

Selanjutnya H. Zairin menyampaikan, KLA tersebut sebagai implementasi program pemerintah untuk memberikan hak-hak sebagai seorang anak yang harus didukung dan disupport.

Selain itu dikatakannya, Kemenag dapat berperan serta guna mewujudkan Tala menuju Kota KLA dengan upaya pendataan perkawinan dibawah usia dini. “Kita akan melakukan pendataan adanya perkawinan anak di bawah usia dini, serta langkah-langkah yang dilakukan terhadap pencegahan perkawinan anak,” katanya.

Ditambahkannya, Kemenag melakukan pembinaan dan menginformasikan kepada KUA, rumah ibadah, Pondok Pesantren (Pontren) akan adanya KLA termasuk juga TK/RA, dan madrasah-madrasah.

Sementara itu Bupati Tala H.Sukamta mengatakan, peran serta semua pihak untuk menyongsong Indonesia Layak Anak tahun 2030 perlu perhatian khusus.
Selain itu diharapkannya, tahun 2019 Tala mendapatkan KLA Madya yang akan diserahkan pada Hari Anak Nasional (HAN) bulan juli 2019 mendatang.

Sehubungan dengan Tim Verifikasi di Tala akan dijadwalkan pada 05 s.d 11 Mei 2019 yang akan menilai Puskesmas Tambang Ulang, Disdukcapil dan Ruang Berrmain Ramah Anak di RTH.

Lebih lanjut diharapkannya, Indonesia Layak Anak (Idola) dengan setiap dinas instansi dan sekolah mempunyai tempat bagi kenyamanan dan keselamatan anak karena di sana ada hak- hak anak yang harus dipenuhi dan dilindungi. “Mereka bisa bermain bersama teman-temannya tanpa kesulitan dan tanpa resiko,” ujarnya.

Acara dihadiri Bupati Tala, Kadis P2KBP3A Tala Wiyanto bersama SKPD terkait, instansi vertikal, diantaranya Polres Tala, Disdikbud, PU, Pariwisata, Dukcapil, dan instansi lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar