Sambut Ramadhan, Kemenag Kalsel Laksanakan Nikah Massal

Menyambut bulan suci ramadhan 1440H/2019M, Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan nikah massal dengan jumlah 50 pasang Calon Pengantin (Catin) yang berasal dari 13 Kab/Kota se Kalsel.

“Alhamdulillah tahun ini kita dapat menikahkan 50 pasang Catin yang telah memenuhi persyaratan administrasi dan semuanya nanti akan langsung menerima buku nikah dan kartu nikah,” ujar Ka.Kanwil Kemenag Kalsel H. Noor Fahmi saat memberikan sambutan pada pembukaan pernikahan massal se Kalsel di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Sabtu (04/05/19) pagi.

Ka.Kanwil mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dalam mencegah dan menekan angka pernikahan dini di Kalimantan Selatan. “Di Kalsel angka pernikahan dini saat ini cukup tinggi, jadi moment ini selain untuk menurunkan angka pernikahan dini, juga untuk membantu keluarga yang tidak mampu,” katanya.

Lebih lanjut Noor Fahmi menambahkan, seluruh pasangan pengantin mendapatkan fasilitas tata rias dan seluruh perlengkapan dari atas kepala sampai keujung kaki, serta mendapatkan mahar berupa seperangkat alat shalat dan uang tunai 1 juta rupiah.

Sementara itu Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor menyambut baik dan mendukung kegiatan tersebut. “Melihat minat masyarakat yang cukup tinggi, saya berharap semoga tahun depan Kemenag Kalsel dapat menikahkan lebih banyak lagi,” harapnya.

Ditempat terpisah Ka.Kankemenag Tala H. M. Rusdi Hilmi menyampaikan, untuk Tala peserta nikah massal dua pasang Catin dan yang diberangkatkan semuanya berasal dari Kecamatan Pelaihari. “Alhamdulillah untuk transportasi pulang pergi peserta seluruhnya kita fasilitasi,” ujarnya saat diwawancarai usai mengikuti kegiatan tersebut.

Selain itu diharapkannya, tahun depan akan mendapat tambahan peserta nikah massal lagi, kalau tahun ini 2 pasang, tahun depan dua kali lipat dari tahun ini.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua MUI Kalsel KH. Husin Naparin, Forkopimda Kalsel dan seluruh Ka.Kankemenag Kab/Kota se Kalsel.

Posting Komentar

0 Komentar