Ka.Kankemenag Harapkan Peningkatan Implementasi UKS

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut (Tala) H. Rusmadi, S.Ag.,S.Pd.I.,MM mengatakan peningkatan implementasi Unit Kesehatan Sekolah (UKS) disektor pendidikan madrasyah harus disukseskan.

"Ada tiga program yang penting harus dilaksanakan, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat di madrasyah," tuturnya saat memberikan materi pada kegiatan Pelatihan Bagi Guru UKS Tingkat Kabupaten Tala, Selasa (02/08/16) di Aula Dinas Kesehatan Kab. Tala.

Lebih lanjut Ka.Kankemenag menyampaikan pendidikan kesehatan harus dilakukan secara intra kurikuler dan ekstra kurikuler. "Intra kurikuler dilaksanakan pada saat jam pelajaran berlangsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sedangkan ektra kurikuler dilaksanakan diluar jam pelajaran yang dilakukan disekolah atau diluar sekolah, misalnya penyuluhan kesehatan gizi dan narkoba," terangnya.

Adapun langkah yang harus dilaksanakan yakni melakukan pengembangan kurikulum yang terintegrasi, mensinerjikan kurikulum dengan pendidikan kesehatan, mengembangkan budaya bersih dan sehat lingkungan madrasaah, mengembangkan sarana dan prasarana UKS, dan mengembangkan program UKS di Madrasah.

Sebelumnya Panitia Pelaksana melaporkan jumlah peserta sebanyak 38 orang terdiri dari 2 (dua) orang guru UKS/M di wilayah 19 puskesmas se-Kabupaten Tala dan dengan acara tersebut pengelola UKS diharapkan mampu memahami berbagai informasi tentang UKS/M dan dapat melaksanakan disekolah atau madrasah masing-masing.

"Peserta diharapkan memahami cara menyusun dan melaksanakan program UKS/M serta menguasai cara melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan UKS/M," pungkasnya.