Operator Madrasah Laksanakan Pemutakhiran Data EMIS

Sebanyak 65 orang operator madrasah yang meliputi operator Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidayyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) dan Pengawas Madrasah se Kabupaten Tanah Laut melaksanakan pemutakhiran data EMIS Kamis (23/02/17) di Gedung FKUB Tala.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) Kantor Kementerian Agama Tanah Laut (Kemenag Tala) Hamsani, S.Pd.I menjelaskan data EMIS yang dimuktahirkan merupakan data semester genap tahun pembelajaran 2016/2017.

Ditekankannya bagi madrasah yang tidak melakukan pemutakhiran data Emis tidak akan diakui keberadaannya oleh Kemenag RI dan secara otomatis tidak berhak untuk mendapatkan layanan dalam bentuk apapun dari Dirjen pendidikan Islam. ''Termasuk peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan yang ada didalamnya,'' tutur Kasi Penmad.

Lebih lanjut Hamsani menjelaskan pemutakhiran tersebut berdasarkan surat Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor:531/DJ.1/OT.01.1/02/2017 tanggal 10 Februari 2017 seiring dimulainya proses belajar mengajar pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017.

Hamsani berharap melalui kegiatan tersebut seluruh operator pendataan Emis di lingungan Kemenag Tala sudah terdaftar pada aplikasi EMIS SDM. ''Dengan adanya pertemuan operator data emis ini kita dapat memberikan pemantauan dan pengawasan dalam pelaksanaan pemutakhiran data Emis di wilayah masing-masing sesuai dengan mekanisme dan waktu yang telah ditetapkan,'' tegasnya.

Sementara Staff Seksi Penmad Hj. Lisda Umami, S.Pd mengatakan instrument dan aplikasi pendataan Emis tersebut dapat diunduh melalui web: http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm, dan bagi madrasah yang akan melakukan proses pencairan dana BOS Triwulan I tahun 2017 agar satuan pendidikan Madrasahnya sudah melakukan updating data sampai berakhir bulan Februari. ''Sedangkan waktu pelaksanaan pemutakhiran data EMIS dimulai terhitung sejak diinformasikannya ini melalui surat edaran dan berakhir 28 maret 2017,'' tegasnya.

Posting Komentar

0 Komentar