Ka.Kankemenag: Pengurus Koperasi harus Punya Kreatifitas dan Inovasi

“Pengurus koperasi harus mempunyai kreatifitas dan inovasi yang tinggi guna perkembangan perkoperasian di Bumi Tuntung Pandang,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tala H.M.Rusdi Hilmi usai memimpin do’a pada Ground Breaking Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) oleh Koperasi Sawit Makmur, Senin (05/08/19) di Desa Tajau Mulaya Kecamatan Batu Ampar.

Ka.Kankemenag Tala yang sekaligus sebagai ketua Koperasi Syariah Ikatan Karyawan Kemenaga Tala (IKKATALA) tersebut mengatakan apa yang telah dijalankan koperasi sawit makmur tersebut patut menjadi contoh bagi koperasi koperasi yang ada di Tala.

“Ilmunya patut kita adopsi, dimana koperasi dapat membangun sebuah PKS yang menelan biaya kurang lebih 350 milyar, koperasi di Tala harus bangkit dan nyakin melalui koperasi kita pasti bisa memperkuat perekonomian masyarakat,” pungkas Rusdi Hilmi.

Bupati Tala H. Sukamta disambutannya mengatakan pembangunan pabrik tersebut merupakan awal yang baik bagi petani sawit di Tala, sebagaimana diketahui, selama ini petani sawit mengalami kesulitan menjual buah sawit tandan segar ke pabrik swasta dikarenakan antrian yang panjang, ditambah birokrasi yang panjang yang telah ditentukan pihak pabrik swasta.

“Ini merupakan solusi terbaik bagi petani sawit agar kedepannya lebih mudah untuk menjual hasil panenya dengan harga sesuai yang ditetapkan pemerintah, tidak ada lagi buah sawit busuk karena menunggu antrian,” tegas Sukamta.

Lebih lanjut H. Sukamta mengatakan ini merupakan kado terindah untuk masyarakat Tala di hari Krida Pertanian dan Hari Koperasi Indonesia, sehingga kedepannya kehidupan petani akan lebih makmur dan koperasi akan semakin berkembang.

Sebelumnya Ketua Koperasi Sawit Makmur H. Samsul Bahri melaporkan saat ini koperasi sawit makmur memiliki binaan dengan luas kebun 11.300 hektar.

H. Samsul melaporkan pembangungan pabrik tersebut bekerjasama dengan PT. Batu Gunung Mulya Putra Angro dengan kapasitas pabrik 45 ton per jam.

“Oleh karena itu saya selaku ketua koperasi memohon doa kepada seluruh masyarakat Tala, semoga pembangunan pabrik ini nantinya berjalan dengan lancar sehingga dapat segera beroperasi,” harapnya.

Peletakan batu pertama pembangunan pabrik kepala sawit tersebut turut dihadiri Asisten III Sekda Kalsel, Direktur Jenderal Perkebunan, Forkopimda Tala, Dewan Pembina dan DPP Apkasindo dan seluruh Perwakilan Koperasi se Kab. Tala.

Posting Komentar

0 Komentar