Kasubbag TU: Penyuluh Agama Berperan Laksanakan STBM

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kementerian Agama (Kemenag) Tanah Laut (Tala) H. Zairin Fanzani mengatakan melalui peran serta Penyuluh Agama maupun da’i-dai’yah dapat melaksanakan penyuluhan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). ”Penyuluh Agama berperan melaksanakan STBM,” ujarnya usai mengikuti pertemuaan koordinasi STBM Tingkat Kab. Tala dengan Lintas Sektor Tahun 2019, di aula Dinas Kesehatan, Rabu (28/08/19).

Menurutnya melalui koordinasi STBM diharapkan agar masyarakat Tala terbiasa hidup bersih dan sehat dimulai dari pribadi dan keluarga. Dengan demikian akan menjadikan lingkungan sanitasi yang bersih dan sehat. Kemenag dalam hal ini ke depan akan lebih banyak memberikan penyuluhan, himbauan dan motivasi baik melalui para ulama, Penyuluh Agama dan para da’i baik saat di Majlis Talim, khotbah Jumat maupun di tempat-tempat ibadah kepada masyarakat dan jemaah agar mereka menyadari pentingnya sanitasi khususnya dalam hal BAK, BAB, dan jamban yang sehat.

Selain itu Kemenag ikut serta berupaya mengubah adat kebiasaan masyarakat dalam hal Buang Air Besar Sembarangan (BABS) memerlukan pendekatan kelurgaan dan proses yang tidak mudah. “Karena mengubah pola hidup sehat dalam masyarakat lebih sulit dibanding mengubah hidup lainnya. Keinginan kesehatan itu sepanjang waktu, sedangkan keinginan lain tergantung waktu.

Sementara Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tala Hj. Nina Sandra, mengatakan k0ordinasi tersebut upaya peningkatan pelaksanaan program pembangunan sanitasi dengan harapan memberdayakan masyarakat untuk berprilaku sehat sehingga tercapainya lingkungan bersih dan sehat.

Posting Komentar

0 Komentar