CJH Tanah Laut Lakukan Tes Kebugaran

Calon Jamaah Haji (CJH)  Kabupaten Tanah Laut tahun 2017 beberapa hari yang lalu telah melakukan tes dan pemeriksaan kebugaran yang digelar Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Kalimantan Selatan pada Sabtu (08/04/17) di Lapangan Pertasi Tanah Laut.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (Kasi PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut (Kankemenag Tala) Drs.H.Akh.Rusyadi menerangkan melakukan tes kebugaran fisik bagi CJH suatu keharusan yang wajib diikuti setiap CJH yang ingin melaksanakan ibadah haji. ‘’Wajib bagi CJH yang ingin melaksanakan ibadah haji mengikuti tes kebugaran fisik,’’ tegasnya.

Menurutnya melalui hasil tes kebugaran tersebut dapat memberikan laporan kondisi fisik dari CJH Tanah Laut yang ingin melaksanakan ibadah haji nantinya di tahun 2017, ‘’Baik kesehatan jantung, tensi darah dan pengukuran lain sebagainya dengan harapan CJH Tala dapat melaksanakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya dalam kondisi sehat,’’ harap Rusyadi

Hal senada diungkapkan Tim BKOM Kalimantan Selatan Arsan menyampaikan mengikuti tes kebugaran tersebut sangat penting bagi CJH yang inggin melaksanakan ibadah haji, "Selain kita mengetahui kondisi fisik lebih awal, sekaligus penanganan lebih awal untuk mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan saat melaksanakan ibadah haji, " ujarnya. 

Dijelaskan Arsan tes kebugaran dilakukan meliputi tes lari dengan jarak tempuh 1.6 KM atau 1600m dengan memutari halaman pertasi selama empat kali putaran dan melakukan gerakan-gerakan pelenturan tubuh.

Sementara itu Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut Yunita melaporkan Selasa (10/04/17) dari hasil tes kebugaran tersebut sebanyak  243 Orang CJH Tanah Laut melakukan tes kebugaran fisik  sebanyak 192 peserta dengan kategori tingkat kebugaran jantung paru Baik =12 org/6,25%, cukup= 80 org/41,66%, kurang=89 org/46,35%, kurang sekali=4 org/2,08%, tidak selesai=2 org/1,04%, dan tidak dilakukan=5org/2,6%, pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar