Dua Jemaah Haji Lansia Asal Tanah Laut Tiba di Banua

Dua jemaah haji lanjut usia (Lansia) asal kabupaten Tanah Laut (Tala) yang tergabung pada Kloter 19 telah tiba di banua pada pukul 20.05 Wita, Minggu (15/09/19) di Asrama Haji Banjarbaru. Atas nama Jumantan Utuh Abidin (76) dan anaknya bernama Rawiyah Juhri Ulik (53) tiba di Banjarmasin dengan selamat dan sehat.

Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kannwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan (Kalsel) selaku ketua PPIH Debarkasi Banjarmasin tahun 1441 H/2019 M menyambut hangat atas kedatangan jamaah haji Kloter penutup tersebut.

H. Fahmi mengatakan Kloter BDJ 19 merupakan gabungan dari 11 kabupaten/kota yang terdiri dari Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Tapin, HSS, HST, Tabalong, Kotabaru, HSU, Kota Banjarbaru, Balangan dan Tanah Bumbu yang berjumlah 302 orang jemaah dan saat pulang ke Tanah Air berjumlah 294 orang dikarenakan 1 orang jamaah berpulang kerahmatullah dan 7 orang mutasi atau tanazul ke Kloter awal.

Selain itu disampaikannya dari hasil monitoring Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kanwil Kemenag Kalsel jumlah jemaah haji yang telah meninggal sebanyak 18 orang yang terdiri 10 orang berasal dari Kalsel dan 8 orang yang berasal dari Kalimantan Tengah (Kalteng).

Hingga tibanya jemaah haji Kloter BDJ 19, maka jumlah jamaah haji dan petugas asal Kalsel dan Kalteng yang sudah tiba di Tanah Air sebanyak 6.097 orang (4.490 orang jamaah asal Kalsel dan 1.607 orang jamaah asal Kalteng).

Sementara itu Ka.Kankemenag Tala H. M.Rusdi Hilmi mengungkapkan rasa syukur atas datangnya dua jamaah haji yang sebelumnya sempat divonis tunda keberangkatan dikarenakan sakit. “Alhamdulillah tahun ini jemaah Tala berangkat dan datang lengkap,” ujarnya.

Ka.Kankemenag menyampaikan terimakasih kepada semua pihak khususnya pemerintah daerah, karena jemaah haji Tala Kloter 17 sebelumnya diberikan fasiltas berupa transportasi armada bus sebanyak 5 buah. “Harapannya kedepan pelayanan haji yang kita berikan dapat lebih baik, dan mudah-mudahan seluruh jemaah haji kita mendapatkan kemabruran,” doanya.

Hal senada diungkapkan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (Kasi PHU) Kemenag Tala, H. Akh. Rusyadi mengucapkan rasa syukur atas kedatangan jemaah haji Kloter 19 karena dua orang jemaah Tala yang tergabung. Selain itu, Jemaah haji juga dihimbau dalam rangka memelihara kemambruran haji diharapkan semua jamaah haji bergabung dalam Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) di Tanah Laut. “Insyaallah 18 mendatang semua jamaah haji tahun 2019 kita berkumpul dan syukuran yang difasilitasi oleh IPHI Tala,” ujarnya.

Posting Komentar

0 Komentar