Kasubbag TU: Tokoh Agama Bagian Pondasi Pembangunan

“Tokoh agama bagian dari pondasi pembangunan,” ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kementerian Agama (Kemenag) Tanah Laut (Tala) H. Zairin Fanzani saat menjadi narasumber pada Penyuluhan Peningkatan Toleransi dan Kerukunan Dalam Kehidupan Beragama Tala, Selasa (10/09/19) di aula Dinas Pendidikan Pelaihari.

Dikatakannya, peran dan fungsi tokoh agama sangat penting untuk menyemarakkan semangat persatuan dan kesatuan dimasing-masing agama sehingga terciptanya hidup rukun dan damai. “Tokoh agama sebagai penghubung antara pemerintah dengan masyarakat (umat) terutama dalam meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan atau upaya peningkatan kualitas pendidikan moral,” katanya.

Menurutnya, semangat persatuan dan kesatuan harus ditanamkan setiap umat agar rasa gotong-royong dalam kebersamaan terus terjaga karenanya kedamaian dan kerukunan dalam masyarakat merupakan prasyarat umum untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera. “Situasi dan kondisi aman, tertib dan tentram dalam kehidupan masyarakat merupakan satu prasayarat terselenggaranya proses pembangunan,” ujarnya.

Lebih lanjut dipaparkannya, semangat persatuan dan kesatuan harus diimplementasikan pada masyarakat multikultural untuk mempertahankan NKRI dan meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Selanjutnya H. Zairin menghimbau kepada seluruh peserta atau tokoh agama untuk berperan aktif dalam meningkatkan dan menjaga kerukunan baik sebagai penyuluh maupun penyelenggara pelaksana pemerintah pusat dan pemerintah daerah sehingga peran tokoh agama dan tokoh masyarakat dianggap penting karena mengembang tugas-tugas dari sisi agama dan kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan penyuluhan tersebut dihadiri para tokoh agama, penyuluh agama dan para pelajar.

Posting Komentar

0 Komentar