Siswa MAN Pelaihari Tanam Bibit Kurma

ManPel.  Siswa Man Pelaihari  (ManPel)  kelas XI Keagamaan 1  mencoba melakukan penanaman bibit   tanaman kurma sebanyak 75  buah diantaranya kurma Azwa 15 buah,  Sayer 15 buah, Tunisia 15, Mabrun 15, dan Sapawi 15 buah, dihalaman perpustaakan . Kamis,(24/05/16)

Kordinator kegiatan sekaligus pencetus ide penanaman bibit kurma  Ustadz Agus Wahyuni, S,Ag,M.Ag bersama  peserta didik   berjumlah 15 orang memberikan penjelasan tata cara penanaman kurma dalam polibag. 

Ustadz Agus  biasa dipanggil oleh  peserta didik ManPel , memberikan arahan cara membuat tanah dan pupuk ke dalam polibag dengan takaran yang sudah ditentukan satu polibag di isi dengan presentasi sebagai berikut, tanah (40%), Sekam bakar (30%) dan pupuk/humus (30%), pembuatan biji kurma dan cara penyiraman , apa yang diutarakan langsung di ikuti para para peserta didik.

Menurut Ustadz Agus, ManPel, madrasah dan sekolah   pertama melakukan penanaman bibit kurma diwilayah tanah laut. “Mudah-mudahan bibit kurma yang ditanam bisa tumbuh dan berbuah dimasa yang akan datang “ harap Ustadz Agus. 

Salah satu peserta didik kelas XI Keagamaan 1, Budi  mengatakan budidaya ini merupakan hal baru dan sangat berguna baginya kedepannya. “Saya akan mencoba penanaman kurma ini di rumah  apabila percobaan tanaman bibit kurma di Madrasah  ini berhasil,” terang Budi.

Posting Komentar

0 Komentar