FKUB Tanah Laut Belajar ke Desa Hinas Kiri, HST

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tanah Laut (Tala) bekerjasama dengan Pemuda Lintas Agama Desa Tajau Pecah yang merupakan desa Binaan FKUB Tala mengadakan studi banding ke Desa Binaan dan Percontohan Kerukunan Umat Beragama di Desa Hinas Kiri Kecamatan Batang Alai Timur Hulu Sungai Tengah, Sabtu (20/07/19).

Di Studi banding tersebut, Ketua FKUB Tanah Laut H. Makmun mengatakan tujuan dari FKUB Tanah Laut ke Desa Percontohan KUB Desa Hinas Kiri Kec. Batang Alai Timur, HST untuk belajar lebih baik lagi dengan tradisi dan kerukunan umat beragama yang bisa diterapkan di Tanah Laut dengan keberagaman umat dan agamanya lebih banyak lagi.

“Ini bentuk upaya kita membangun kerukunan ditengah perbedaan, sama sama membangun kebersamaan,” ucapnya.

Menurut Makmun, FKUB sebagai pegangan dan wadah saling berkordinasi dan menjaga sinerji dalam kebersamaan, sehingga bangsa, masyarakat tetap kuat dan kokoh.

Selain itu H. Makmun juga mengatakan bentuk dari peranan real dari FKUB yakni dengan seringnya berdialog dan bersilaturahmi sesama umat beragama, “Salah satu program dari FKUB Tanah Laut yakni memprioritaskan pertemuan sehingga silaturahmi tetap terjalin dan dapat berdialog jika terjadi konflik dilapangan,” ucapnya.
Sementara Ketua FKUB HST Syarifuddin memberikan apresiasi yang setinggi tingginya atas kunjungan FKUB Tanah Laut dan dikesempatan tersebut pihaknya menyampaikan letak geografis dan data kependudukan serta pemeluk agama di Kabupaten HST.

Studi banding tersebut diawali dengan dialog bersama di FKUB HST, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Desa Percontohan Desa Hinas Kiri, Kec. Batang Alai Timur Keb. HST yang memiliki penduduk dengan semua agama dan aliran kepercayaan Tuhan Yang Maha Esa.

Kepala Desa Hinas Kiri menyampaikan Keberagaman dan kebersamaan dalam kerukunan umat beragama di Desanya terbina karena tingginya rasa menghargai dan menghormati dan saling rukun sehingga kebersamaan Umat beragama tetap terjaga. “Kita selalu memberikan pemahaman kepada warga untuk saling menghormati dan toleransi sehingga kerukunan tetap terjaga,” ucapnya.

Kunjungan tersebut turut dihadiri Plt Kesbangpol Hulu Sungai Tengah, Kasubbag TU Tanah Laut, Kasi Bimas Kemenag Tala, Kemenag HST, Pengurus FKUB HST, FKUB Tala, Kepala Desa Tajau Pecah beserta rombongan.

Posting Komentar

0 Komentar