Peny. Syariah: Menentukan Arah Kiblat Tahap Awal Pembangunan Rumah Ibadah

“Menentukan atau mengukur arah kiblat merupakan tahap awal pembangunan sebuah rumah ibadah, baik itu langgar atau mesjid,” tegas Penyelenggara Syariah Kementerian Agama (Kemenag) Tanah Laut (Tala) H. M. Wahyudi, usai melaksanakan pengukuran arah kiblat pembangunan masjid di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia Tanah Laut (ICT), Rabu (26/06/19) siang.

H. Wahyudi mengatakan pengukuran arah kiblat merupakan hal yang penting yang harus diperhatikan sebelum melaksanakan pembangunan mesjid. ”Karena arah kiblat menentukan sah tidaknya kita dalam beribadah,” katanya.

Lebih lanjut Wahyudi menyampaikan pengukuran arah kiblat yang dilakukan bersama tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Tala merupakan permintaan resmi dari pihak MAN ICT. “Semoga kedepannya BHR Tala lebih dikenal dan membawa manfaat bagi masyarakat luas, khususnya warga Tala,” harapnya.

Sementara itu wakil kepala madrasah (Wakamad) Sarana Prasana MAN ICT Khairullah Amin mengatakan, pembangunan sarana prasanara pada MAN ICT akan terus dilakukan secara bertahap. “Pembangunan masjid tahun ini merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan,” katanya.

Pada kesempatan itu pula Khairul Amin memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu dan turut mendukung keberadaan MAN ICT, baik dari Pemkab Tala, Kemenag Tala dan Pemerintah Provinsi. “Dengan didukung fasilitas yang lengkap, semoga nantinya MAN IC melahirkan generasi-generasi emas penerus bangsa,” harapnya.

Posting Komentar

0 Komentar