Kasi Bimas Harapkan KUA Kecamatan Berinovasi

Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Tanah Laut (Tala) H. Darmawi mengatakan setiap Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan harus bisa berinovasi dalam pelayanan. Hal tersebut diungkapkannya usai mendampingi kegiatan Penobatan Kepala KUA Teladan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2019, Senin (15/07/19) di aula Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kalsel.

Menurutnya tuntutan sebagai Kepala KUA harus bisa melakukan peningkatan atau inovasi yang memberikan konstribusi terhadap pelayanan di masyarakat. "Kepala KUA harus kreatif dan berinovasi," tegasnya.

H. Darmawi juga berharap adanya pelaksanaan KUA Teladan sebagai motivasi para KUA se Kalsel khususnya di Tala sebagai vitamin melakukan peningkatan pelayanan baik sarana maupun prasarana yang sudah ada sesuai dengan standar operasionalnya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kemenag Kalsel H. Noor Fahmi berharap dengan adanya pemilihan KUA Teladan dapat mendorong pelayanan KUA lebih baik lagi. "Ini merupakan bentuk sebuah penghargaan kepada KUA yang sudah membuat inovasi terbaru," ucapnya.

Ka.Kanwil berharap semua Kemenag kabupaten kota dapat mengevalusi dari kekurangan yang ada sehingga dapat memaksimalkan pemberdayaan KUA disetiap kecamatan.

Sebelumnya Panitia Penyelenggara H. Yuliansyah melaporkan, penilaian sudah dilakukan sejak Juni, yang bersifat melihat langsung kelapangan terhadap pelayanan KUA dan tahap selanjutnya yaitu persentasi profil layanan KUA. “Hari ini kita sudah melakukan persentasi di tingkat provinsi dan akan menobatkan KUA Teladan di Tingkat Kalsel,” ucapnya.

Disampaikannya pula dengan terpilihnya KUA Teladan di provinsi tersebut merupakan sudah terpilih KUA tingkat Nasional, di tingkat nasional nanti hanya dilakukan pengukuhan dari 34 provinsi dan dipilih salah satu KUA yang berprestasi se Indonesia yang akan digelar 21 s.d 25 Juli 2019 di Jakarta.

Adapun yang dinobatkan sebagai KUA Teladan di Tingkat Provinsi Kalsel yakni, terbaik I KUA Kec. Marabahan Kab. Batola, terbaik II KUA Kec, Mantewe Kab. Tanah Bumbu, terbaik III Kec. Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru, terbaik harapan I KUA Kec. Amuntai Selatan, Kab. HSU, harapan terbaik II KUA Kec. Jaro Kab. Tabalong dan terbaik harapan III KUA Kec. Pulau Laut Kab. Kotabaru.

Posting Komentar

0 Komentar