Jamaah Calon Haji Tala Dijadwalkan Berangkat 1 Agustus

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) H.M.Rusdi Hilmi menerangkan, 287 Jemaah  Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Tanah Laut dijadwalkan memasuki embarkasi Banjarmasin pada tanggal 01 Agustus 2019 dan tanggal 02 Agustus "JCH tersebut akan diterbangkan ke Jeddah Arab Saudi pada jam 19.45 WITA," Terang Hilmi dalam laporannya pada acara Pelepasan Sekaligus Sholat Hajat dan Syukuran Keberangkatan Jamaah Calon Haji Kabupaten Tanah Laut 2019, Pelaihari (25/07/19) di Masjid Agung Asy-Syuhada, Pelaihari.

H. Rusdi menjelaskan, keberangkatan JCH Tanah Laut tergabung pada gelombang dua dan terjadi perubahan jadwal dari pihak penerbangan, semula tanggal 2 agustus ke Embarkasi dan tanggal 3 Agustus 2019 terbang ke Jeddah namun peberubahan jadwal masuk asrama haji menjadi Kamis 01 Agustus 2019 jam 17.00 WITA dan berangkat menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Medinah pada hari Jum’at 02 Agustus 2019 jam 19.45 WITA. “Keberangkatan CJH lebih awal satu hari dari semula yang dijadwalkan,” ucapnya di hadapan Bupati Tala dan Jemaah Calon Haji.

H. Rusdi melaporkan selama penyelenggaraan haji tahun 2019 khususnya di Kabupaten Tanah Laut berjalan dengan baik sesuai dengan rencana yang dipersiapkan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji. “Kami juga memberikan apresiasi dan terimakasih kepada pemerintah daerah yang sudah membantu memberikan layanan kepada JCH Tala,” ungkapnya.

Disampaikannya pula selama pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2019 tidak terdapat persoalan signifikan yang mengganggu kelancaran proses pelaksanaan ibadah haji, demikian pula dalam hal manasik, sebagian besar jamaah haji sudah melaksanakan manasik haji mandiri, mereka juga mendapatkan pembelajaran manasik haji resmi dari Kementerian Agama Kab. Tanah Laut yakni sebanyak 10 kali pertemuan, 2 kali di Kabupaten dan 8 kali di Kecamatan. “Mudah-mudah CJH Tanah Laut diberikan kemudahan selama melaksanakan ibadah haji,” tambahnya.

JCH Tala sebanyak 287 orang termasuk 1 TPHD Tanah Laut dan 2 TPHD provinsi dan bergabung bersama 31 jamaah haji dari Kota Banjarmasin dikloter 17.

Sementara itu Bupati Tala H. Sukamta Bupati menghimbau kepada Jemaah Calon Haji agar menjaga fisik dan kesehatan mengingat cuaca di Arab Saudi sangat panas sehingga memerlukan fisik yang kuat,“IbadahHaji memerlukanFisik yang kuat, untuk itu utamakan yang wajib dilaksanakan,” himbau Bupati.

Bupati juga berpesan untuk menjaga kesehatann dan jangan memaksakan diri dengan membanyak ibadah sunat yang mengakibatkan mengganggu ibadah wajib sehingga kesehatan terganggu. “Jika berangkat 287 orang kembalipun dengan selamat 287 orang pula,” harapnya.

Diakhir bupati berharap kepada Petugas maupun Tim Petugas Kesehatan untuk melayani Jemaah Haji dengan sebaik mungkin dan menjaga kebersamaan sesama jemaah, serta tolong menolong. Sebelum sambutan bupati Jemaah Calon Haji melaksanakan sholat hajat bersama serta pengarahan teknis keberangkatan. Dihadiri Forkompinda, Kepala SKPD dan Tokoh Agama

Posting Komentar

0 Komentar