Peny. Syariah : Ulama Harus Jadi Penyejuk Dimasyarakat

Penyelenggara Syariah H.M.Wahyudi mengatakan peran ulama diharapkan bisa lebih menjadi penyejuk di masyarakat dalam menyikapi perbedaan pendapat di tengah masyarakat terutama pasca pilpres. 

“Ulama harus penyejuk dimasyarakat,” ujarnya usai kegiatan Safari Ulama dan Pengembangan Syariah Tahun 2019, Kamis (27/06/19) di Kemenag Tanah Laut.

Selain itu menurutnya kegiatan safari tersebut diharapkan dapat membawa manfaat dan menjadi wadah komunikasi untuk menyampaikan dan mempersamakan persepsi dalam membangun kebersamaan membina umat.

“Kegiatan ini mungkin diharapkan bisa dilanjutkan dengan format yang lebih baik lagi, guna untuk meningkatkan jalinan ulama dan umaro lebih baik lagi,” ucapnya.

Sementara Kepala Bidang Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Kalsel H. Ahmad Sawiti dalam arahannya mengatakan ulama harus berperan aktif mendamaikan masyarakat untuk mempersatukaan dan kesatuan bangsa Indonesia khususnya didaerah masing-masing. “Ulama harus aktif menyampaikan kedamaian kepada masyarakat,” ujarnya.

H. Sawiti mengatakan ulama merupakan bagian ujung tombang tombak kementerian agama dimasyarakan harus mampu mengendalikan arus informasi yang menjadi gejolak dimasyarakat. “Jika ada informasi diterima harus dicek kebenarannya dengan baik,” imbuhnya.

Pihaknya berharap kegiatan Safari Ulama tersebut dapat terwakili dari banyaknya ulama-ulama di Tanah Laut untuk mengajak dan menjaga kesatuan bangsa Indonesia. “Khususnya ulama didaerah mampu mengendalikan informasi didaerah,” ujarnya.

Adapun Kemenag Kabupaten Kota yang menjadi tujuan Safari Ulama ada 5 Kabupaten yakni Tanah Laut, HSS, HST, HSU dan Kotabaru. "Mudah mudahan 10 orang ulama yang hadir dapat mewakili semua ulama yang ada di Tanah Laut,” pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar