Kasi Penmad: E-RKAM Permudah Pengelolaan Anggaran Madrasah

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kementerian Agama (Kemenag) Tanah Laut (Tala) Andri Fazrian, mengatakan Elektronik Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (E-RKAM) merupakan aplikasi yang bertujuan mempermudah pelaporan Bantuan Operasional Sekolah yang berbasis eloktronik.

“E-RKAM permudah pengelolaan anggaran madrasah,” ujarnya saat memberikan arahan dan mendampingi Kepala Bidang Kabid) Penmad Kemenag Kalsel pada kegiatan Workshop Perencanaan dan Anggaran Madrasah Berbasis Kinerja Tahun 2019 Bidang Penmad Kanwil Kemenag Kalsel, Rabu (10/07/19) di aula Kemenag Tala.

Andri mengharapkan pelaksanaan E-RKAM nantinya yang akan diterapkan di tahun 2020 semua madrasah dapat memahami dan menggunakan aplikasi tersebut. Karena menurutnya di tahun 2020 semua sumber dana baik BOS maupun yang lain harus diinput melalui E-RKAM.

“Tahun 2020 sudah harus diterapkan E-RKAM sebagai bahan kontrol baik bagi Kemenag maupun masyarakat,” ucapnya dihadapan peserta yang terdiri dari operator madrasah MI, MTs, MA se Kab. Tala. 

Selain itu E-RKAM juga memiliki tujuan dan fungsi agar kegiatan dan anggaran yang ada di madrasah menjadi tepat guna, tepat sasaran & akuntabel. Pihaknya berharap para operator madrasah melalui workshop tersebut dapat memahami dan mengerti sehingga pelaksanaannya dapat dilaksanakan dengan baik.

Sebelumnya Kabid Penmad H. Fajriannor Subhi, memaparkan E-RKAM sangat penting dalam perencanaan anggaran madrasah agar berjalan dengan baik, transparan khususnya pelaporan bantuan BOS. “Tahun 2019 tahap sosiasilisasi dan akan dilaksanakan ditahun 2020,” ucapnya.

Posting Komentar

0 Komentar