PAI: Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan dengan 5 M

“Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT dengan 5 M,” ujar Penyuluh Agama Islam (PAI) Fungsional H. Al Makmun saat menyampaikan materi pada pembekalan dan pemberdayaan muda-mudi remaja Cinta Alam Indonesia, Sabtu (13/07/19) siang di Bumi Perkemahan Katunun Desa Telaga.

H.Makmun mengatakan 5 M tersebut, yang pertama Mu’ahadah yaitu mengingat perjanjian dengan Allah SWT, sebelum manusian lahir kedunia ada alam arwah dimana Allah membuat kontrak tauhid dengan roh. Kedua adalah Mujahadah yang berarti bersungguh sungguh hati melaksanakan ibadah yang telah diperintahkan Allah SWT.

Selanjutnya yang Ketiga adalah Muraqabah yang artinya merasa selalu diawasi Allah SWT, sehingga dengan kesadaran ini, mendorong manusia senantiasa rajin melaksanakan dan menjauhi larangan-Nya. Keempat yaitu Muhasabah berarti introspeksi diri, dan yang kelima Mu’aqabah yang artinya pemberian sanksi terhadap diri sendiri, yaitu bilamana melakukan kesalahan atau dosa maka ia akan menghapusnya dengan amal sholeh.

“Kedepan banyak tantangan yang harus dihadapi para generasi milenial, maka dari itu harus ditanamkan tips-tips seperti diatas guna membentuk karakter religius yang mempertahankan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT,” pesan Al Makmun.

Sementara itu Anton Kuswoyo selaku ketua dewan pimpinan daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Tanah Laut melaporkan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya memberikan pembekalan agama kepada para muda-mudi agar tetap memegang teguh nilai-nilai agama di tengah-tengah perkembangan media sosial tanpa batas.

“Semoga kegiatan ini nantinya dapat meningkatkan potensi generasi muda yang memiliki IPTEK dan IMTAQ yang akan membangun Bumi Tuntung Pandang lebih baik lagi,” harap Kuswoyo.

Kegiatan tersebut mengambil tema “Meningkatkan Peran Pemuda Melalui Pemberdayaan SDM Profesional Religius Untuk Membangun Tanah Laut Maju dan Sejahtera”, dilaksanakan di alam terbuka yang diikuti kurang lebih 350 orang remaja LDII se Kabupaten Tanah Laut.

Posting Komentar

0 Komentar