Ka.KanKemenag Berikan Pembinaan Guru SMB

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut (Tala) H.Rusmadi,S.Ag.,S.Pd.I.,MM memberikan pembinaan Guru Sekolah Minggu Buddha (SMB) Tahun 2016 di Vihara Buddha Sasana Pelaihari, Jumat (28/10/16).

Dalam pembinaan tersebut Ka.Kankemeng menyampaikan materi tentang manajemen pengelola SMB. Rusmadi mengatakan, untuk mewujudkan standarisasi pendidikan SMB yang bagus para pengelola SMB harus meliputi, adanya peserta didik, guru dan tenaga kependidikan lainnya. Tidak hanya itu, kurikulum, sarana dan prasarana, administrasi sekolah, serta ketertiban dan keamanan harus terpenuhi.

Menurutnya, isi kurikulum SMB wajib memuat sekurang-kurangnya bahan kajian dan pelajaran riwayat Buddha, maupun sejarah agama Buddha. "Sebagaimana kita ketahui bersama tentu sudah ada standarisasi untuk menjadi pengelola SMB maupun tenaga kependidikan, setidaknya memahami ajaran Buddha damma dengan baik,"tuturnya.

Sebelumnya Pembimas Buddha Kantor Wilayah Kemenag Kalsel I Gede Astana menyampaikan syarat dan ketentuan pelaksanaan SMB di Kalsel khususnya di Tala sudah ada standarisasinya.
"Sekolah Minggu Buddha (SMB) adalah pendidikan non formal keagamaan Buddha,"jelasnya mengawali penyampaian materi oleh Kepala Kemenag Tala.

Tujuan diadakannya SMB terang I Gede untuk memberikan pendidikan keagamaan bagi kalangan masyarakat Buddha maupun generasinya, dengan mengedepankan pengertian, pola tingkah laku dan perubahan pola pikir masyarakat Buddha pada umumnya dan anak-anak (Buddhis) pada khususnya.
 
Acara Pembinaan Guru SMB tersebut diikuti sekitar 50 orang guru buddhis selama tiga hari.

Posting Komentar

0 Komentar