Ka.Kankemenag Tala Mainkan Permainan Tradisional Balogo

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut (Tala) H. Rusmadi, S.Ag.,S.Pd.I.,MM menampilkan kebolehannya bermain permainan tradisional Balogo pada Festival Olahraga Tradisional Tahun 2016, Kamis (24/11/16) di Halaman Stadion Pertasi Kencana Pelaihari.

H. Rusmadi usai bermain Balogo bersama Bupati Tala H.Bambang Alamsyah mengungkapkan permainan tradisional seperti balogo, bakiak, enggrang dan lain sebagainya harus tetap dilestarikan.

''Kita harus tetap melestarikan permainan tradisional yang sudah mulai ditinggalkan oleh generasi sekarang ini,'' katanya.

Menurutnya, permainan tersebut tidak hanya memberikan kesenangan semata akan tetapi sekaligus kegiatan berolahraga yang menyehatkan.

Bupati Tala H.Bambang Alamsyah dalam kesempatan tersebut mengajak kepada anak-anak jangan pernah melupakan jati diri bangsa dengan melupakan warisan kebudayaan jaman dahulu.

Lebih lanjut Bupati mengatakan berkembangnya teknologi yang canggih jaman sekarang mampu menggeserkan permainan tradisional dengan lebih menggandrungi permainan gadget.

Di akhir sambutannya, Bupati mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkah Hari Jadi Tanah Laut ke-51.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata H.Ahmad Khairin melaporkan kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari dan diikuti pelajar, mahasiswa, instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, dengan total peserta 484 dengan hadiah 45 juta rupiah ditambah trofi dengan cabang yang dilombakan Bakiak, Batungkau atau Enggrang, Balap Karung, Sumpit, Balogo, dan Asinan/Bahadang.

Pembukaan Festival dihadiri Bupati, Wakil Bupati, Dandim 1009/Pelaihari, Ketua PA, Dharma Wanita, Kepala Dinas Pariwisata, Ketua Koni dan Camat Pelaihari.

Posting Komentar

0 Komentar