Siswa Kelas XII Heningkan Cipta di Makam Hasan Basri

Pelaihari - ManPel. Siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Pelaihari (ManPel) kelas XII yang berjumlah 78 orang mengheningkan cipta di Makam Pahlawan Nasional Hasan Basri untuk mendoakan agar mendapat tempat yang layak di sisi Nya atas jasa-jasanya memperjuangkan Kemerdekaan, Sabtu (05/11/16) di Makam Hasan Basri.

Kunjungan ke Makam Hasan Basri tersebut dibimbing guru mata pelajaran Sejarah M. Fajar Rivanny, S.Pd dan beberapa guru lain untuk mencari dan mengolah data tentang bahan-bahan yang berkaitan dengan Pahlawan Nasional Hasan Basri.

M. Fajar Rivanny, S.Pd mengatakan kunjungan ke Makam Hasan Basri tersebut merupakan bagian dari rangkaian Pembelajaran di Museum yang berkaitan dengan tugas yang telah diberikan kepada masing-masing kelompok. "Disnilah tempat peristirahatan terakhir beliau silahkan tanya dengan petugas disini yang ada kaitannya dengan perjuangan beliau," ucap Fajar.

Lebih lanjut Fajar menerangkan, dikegiatan tersebut tiap kelas dibagi menjadi 5 kelompok yang terdiri dari lima hingga enam siswa. Kemudian mereka diminta untuk mencari bahan sesuai dengan tugas yang diberikan. ''Pembelajaran di Makam ini merupakan bentuk observasi langsung terhadap benda-benda peninggalan jaman revolusi di Kalimantan Selatan,'' terang Fajar.

Salah seorang siswa kelas XII IPA Ibnu Alan Ubaidirahman mengatakan sangat menikmati pembelajaran di luar Madrasah karena sangat banyak manfaat dan pengetahuan baru yang diperoleh dalam pembelajaran tersebut. ''Selama ini kami kebanyakan belajar didalam kelas sehingga ada kejenuhan, dengan Pembelajaran di luar kelas ini rasa kejenuhan bisa dihilangkan,'' ujar Alan.
Sementara Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Kesiswaan yang ikut dalam rombongan mengatakan Pembelajaran di Museum tersebut bermanfaat karena siswa-siswi langsung berhadapan dengan objek peninggalan zaman revolusi. ''Selain belajar mereka juga bisa melihat langsung hai-hal yang tidak mereka temui di pembelajaran dalam kelas,'' pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar