FKUB Kalsel Pilih Tanah Laut sebagai Daerah Percontohan

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Prov. Kalimantan Selatan memilih Kabupaten Tanah Laut sebagai daerah percontohan untuk kegiatan Pemuda Lintas Iman. Hal tersebut ditandai dengan digelarnya rapat kordinasi pengurus FKUB Kalsel dengan pengurus FKUB Tanah Laut, Kamis (201/07/17) di Gedung FKUB Pelaihari.

FKUB Kalsel menegaskan dipilihnya Kabupaten Tanah Laut yakni desa Tajau Pecah sebagai tempat kegiatan tersebut untuk dilaksanakannya kegiatan pertemuan pemuda lintas iman karena ada beberapa factor pendudukung diantara 8 daerah desa binaan yang ada di Kalimantan Selatan.

FKUB Kalsel menerangkan diputuskannya Tala sebagai percontohan karena akses yang lebih dekat dibandingkan daerah-daerah lain, dinamika pengurus FKUB Kabupaten Tala yang begitu dinamis dalam keberagaman, serta daerah tersebut sudah memenuhi standar desa binaan kerukunan dengan minimal 3 aliran agama.

Sementara Ketua FKUB Tala H.Hamdan menyambut baik atas program yang akan dicanangkan di Desa Tajau Pecah pada bulan agustus mendatang. “Tentu kita menyambut baik atas dipilihnya daerah kita sebagai tempat atau desa percontohan kerukunan umat beragama,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap kegiatan tersebut menghasilkan out put yang jelas untuk menjadikan percontohan daerah-daerah lain dalam membina kerukunan umat beraga.
“Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan melalui keberagaman,” pungkasnya di rapat yang dihadiri Pengurus FKUB Kalsel, Pengurus FKUB Tanah Laut, Kasubbag TU Kemenag, Asisten II Tanah Laut dan Tokoh Masyarakat Desa Tajau Pecah tersebut.

Hal senada diungkapkan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Tala Drs.H.M.Rusdi Hilmi mengatakan Kemenag sebagai leding sector keagamaan pempunyai andil yang besar dalam menjaga stabilitas kerukunan umat beragama tentunya sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat maupun pemerintah yang selama ini bersinerji dalam menjaga kerukunan umat beragama.
 
Kegiatan yang akan digelar pada bulan agustus mendatang mengangkat tema ‘’Kerukunan dalam keragaman’’ akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti, pembersihan rumah ibadah, diskusi serta menanamkan sejak dini sikap toleransi, rasa persatuan dan kesatuan untuk NKRI.

Posting Komentar

0 Komentar