Ka.Kankemenag Himbau Penyuluh Laporkan Perkawinan Liar

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut (Tala) Drs.H.Rusbandi,MA menghimbau kepada penyuluh agama untuk melaporkan jika terdapat perkawinan liar di masyarakat. 

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan arahan kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Forum Antar Umat Beragama Peduli Sejahtera dan Kependudukan (FAPSEDU) Kabupaten Tanah Laut, Kamis (05/04/17) di Gedung FKUB.

H.Rusbandi menegaskan perkawinan bukan hanya sekedar perjanjian yang kuat akan teguh, akan tetapi pernikahan harus betul-betul dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan undang-undangnya. ‘’Jika pernikahan tersebut tidak tercatat maka pernikahan tersebut dapat dikatakan pernikahan liar dan tidak dibenarkan, baik ajaran Islam maupun agama lain,’’ ujarnya.

H.Rusbandi berharap melalui penyuluh dan forum FAPSEDU ini dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya perkawinan yang sah dan tercatat. Sehingga langkah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesadaran akan pentingnya keluarga sejahtera,’’Sesuai dengan ajaran Islam Sakinah, Mawaddah Wa Rahmah,’’ terangnya.

Sementara Ketua FAPSEDU Provinsi Kalsel Dr.H.M.Hanafiah, M.Hum menerangkan tujuan dibentuknya FAPSEDU di Tanah Laut tentunya untuk meningkatkan kepedulian dan peran tokoh agama dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan prilku keluarga dalam pengendalian penduduk dan pembangunan keluarga, ‘’Tidak hanya dua anak lebih baik, akan tetapi bagaimana dua anak itu menjadi lebih sejahtera demi meningkatkan generasi lebih baik,’’ tukasnya.

Sebelumnya Wakil FAPSEDU Kalsel Abdon Winarko melaporkan kegiatan tersebut dihadiri tokoh-tokoh agama antar umat, pimpinan pondok pesantren dan penyuluh agama Islam. ‘' Semoga FABSEDU di Tanah Laut dapat mengambil perannya dalam pembangunan kependudukan dan keluarga sejahtera sehingga dapat bekerjasama dengan para stakeholder untuk mengkomunikasikan dan menginformasikan serta mengedukasi masyarakat tentang program-program kependudukan,’’ pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar