Kemenag Tala Laksanakan Rukyatul Hilal

Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut (Kemenag Kab. Tala) melaksanakan Rukyatul Hilal Awal Ramadhan 1439 H bekerjasama dengan UIN Antasari Banjarmasin dan Lembaga Falakkiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (15/05/18) di Puncak Gunung Kayangan. 

Kepala Kantor kemenag (Ka.Kankemenag) dalam sambutannya mengatakan, kegiatan rukyatul hilal merupakan langkah yang ditempuh untuk menentukan awal ramadhan. “Rukyatul hilal dilakukan sebagai acuan untuk menentukan 1 Ramadhan,” ujarnya. Akan tetapi menurutnya penetapan 1 Ramadhan tetap harus berdasarkan pemerintah.

Sementara itu Sekretaris Daerah Pemerintah (Sekda) Kab. Tala H. Syahrian Nurdin mengatakan, jika dalam pelaksanaan tersebut hilal terlihat maka dapat dipastikan telah memasuki bulan baru hijriah 1 Ramadhan dan akan tetapi jika tidak terlihat maka awal bulan Ramadhan ditetapkan magrib berikutnya.

Selain itu H. Syarian Nurdin selaku yang mewalili Bupati Tala mengharapkan, Ramadhan tahun ini agar umat Islam lebih menahan diri dari hal-hal negative terlebih masa sekarang umat Islam di Indonesia sedang menghadapi isu terorisme. “Mari kita tunjukkan sama-sama bahwa Islam adalah agama yang cinta damai,” ajaknya.

Ketua Lembaga Falakkiyah PW NU Kalimantan Selatan Akhmad Syaihu mengatakan, pelaksanaan Rukyatul Hilal harus dilaksanakan saat menjelang Magrib. Adapun kondisi Hilal - 0 derajat 18 menit 7 detik. Berdasarkan hal tersebut, maka tidak memenuhi kriteria 1 Ramadhan.

Posting Komentar

0 Komentar