Tim Itjen Kemenag RI Audit BOS di Tala

Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI melaksanakan audit Program Bantuan Operasional Siswa (BOS) tahun anggaran 2017 sampai dengan tahun berjalan semester I pada satker di lingkungan Kemenag Tala. 

Ketua Tim Audit Itjen Kemenag RI Tri Kurnianto M. Abdu menyampaikan tujuan dari audit ini adalah dalam rangka menilai keberhasilan pelaksanaan program BOS dilingkungan Kementerian Agama.

Lebih lanjut Tri Kurnianto mengatakan tujuan dana BOS adalah guna meningkatkan sarana dan prasarana untuk anak didik.

“Jadi kita turun ini untuk melihat apakah pencairan dana tersebut sudah sampai dan sudah tepat sasaran atau belum, dan yang lebih penting penerima dana BOS tidak boleh tumpang tindih dengan bantuan lainnya ,” jelasnya.

Sebelumnya Ka.Kankemenag Tala Drs. H. Rusbandi, MA mengatakan audit dilaksanakan selama 14 hari, 21 s.d. 31 Mei 2018 dengan sampel audit yaitu MAN Tala, MTsN 1 Tala, MTsN 2 Tala dan 10 Madrasah Swasta dan Pondok Pesantren Salafiyah / Pendidikan Diniyah Formal.

“Saya harap seluruh madrasah dan pondok yang menjadi sampel audit agar memenuhi seluruh dokumen yang diminta oleh Tim audit,” ujarnya saat memberikan sambutan pada pertemuan Entry Briefing Audit Kinerja Program BOS Pada Madrasah dan Pondok di Lingkungan Kemenag Tala bersama Itjen Kemenag RI, Senin (21/05/18) di aula Kemenag.

Di kesempatan tersebutt H. Rusbandi mengimbau kepada seluruh kepala madrasah dan pimpinan pondok untuk mengikuti tahap demi tahap pemeriksaan dengan serius, dan andai kata ada kesalahan prosedur penggunaan dana BOS pada saat ini, kedepannya hal tersebut hendaknya tidak terulang kembali.

“Jangan pernah main main dengan dana bantuan seperti dana BOS, penggunaanya harus tepat sasaran, tepat guna dan sesuai juknis yang berlaku,” tegasnya.

Pertemuan Entry Briefing tersebut dihadiri Kasubbag TU, Kepala Seksi Penmad, Kepala Seksi PD. Pontren, Pimpinan Pondok Asy Syuhada dan Ponpes Darussalim serta seluruh Kepala Sekolah Madrasah yang menjadi target audit.

Posting Komentar

0 Komentar