Ka.Kankemenag: Jagalah Hutan, Lestarikan Alam


Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut (Tala) H.M.Rusdi Hilmi mengatakan, menjaga alam ciptaan Tuhan merupakan keharusan yang harus dijaga setiap manusia dengan sebaik-baiknya. “Jagalah hutan dan lestarikan alam,” ujarnya usai mengikuti dan membacakan do’a acara Kick Off Penanaman Serentak Se-Kalimantan Selatan dalam rangka Gerakan Pemulihan Daerah Aliran Sungai Tahun 2019 di Kelurahan Karang Taruna Blok Sungai Mandi Pelaihari, Jum`at (25/10/19).

Menurutnya, kegiatan penanaman serentak yang dilaksanakan tersebut merupakan bentuk perhatian bersama terhadap keadaan lingkungan yang sekarang mulai dirasakan terganggu baik dengan kondisi alam yang sebagian rusak akibat orang tidak bertanggung jawab dengan menebang pohon sembarangan serta kerusakan lingkungan dari kurangnya menjaga kebersihan aliran sungai dengan membuang sampah sembarangan.

Lebih lanjut ditambahkannya, pihaknya sangat mendukung dan memberikan apresiasi bahwa peranan semua pihak untuk menjaga hutan dan alam merupakan tugas bersama yang harus dilaksanakan. “Mengingat kondisi alam kita yang semakin hari semakin memprihatinkan,” ucapnya.

Seiring dengan program yang digagas Gubernur Kalsel menanam dan menanam, Ka.Kankemenag juga menyampaikan, melalui madrasah-madrasah pihaknya menyemarakkan penghijauan di lingkungan madrasah. “Mari kita menanam sebagaimana ajakan Paman Birin Gubernur kita,” ajaknya.

Sementara itu dalam kesempatannya Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor mengatakan, akibat kerusakan ekosistem tersebut berdampak luas terhadap kerusakan lingkungan dan kerusakan terhadap kehidupan masyarakat. “Mari kita menanam demi anak cucu kita dengan 1 orang menanam 1 pohon,” ajaknya usai menanam serentak.

Selain itu menurutnya, banyak manfaat yang dirasakan dengan penanaman pohon tersebut selain meminimalisir kerusakan yang lebih parah dan gubernur mengajak agar kebakarakan hutan dan lahan dapat dijaga secara bersama-sama dengan tidak membuang putung rokok disembarangan tempat.

Penanaman serentak tersebut dihadiri pejabat lingkup provinsi dan kabupaten Tala, Wakil Bupati Tala, organisasi kepemudaan serta melibatkan pelajar dengan menanam bibit pohon kemiri.

Posting Komentar

0 Komentar