Ka.Kanwil Harapkan Khatib Terstandarisasi dalam Penyampaian Khutbah

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan H.Noor Fahmi mengharapkan, sebagai khatib harus ada standarisasi dalam menyampaikan materi khutbah sehingga tidak ada ketersinggungan yang menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Khatib harus bijak dalam menyampaikan materi khutbahnya,” ujarnya saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Penataran Khatib dan Bilal se Kabupaten Tanah Laut (Tala) dari PT. Arutmin Asam-Asam bekerjasama dengan Penyuluh Agama Islam Kemenag Kabupaten Tala, Selasa (15/10/19) di gedung Serbaguna desa Asam-Asam Kecamatan Jorong.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya pembinaan tersebut para khatib tidak ada lagi perbedaan dalam menyampaikan khutbah serta memahami makna mesjid sebagai rumah ibadah masjid dan bukan tempat untuk berpolitik atau berkampanye. “Ingatlah menjadi khatib jangan sampai ada menyinggung ajaran agama lain,” tegasnya.

Selanjutnya ditekankannya, sebagai khatib harus memahami situasi masyarakat yang sedang berkembang dalam memberikan khutbah atau ceramah dengan memperhatikan durasi yang digunakan. “Jangan terlalu lama, harus diingat durasi waktunya,” tegasnya.

Sementara itu menanggapi itu Ka.Kankemenag Tala H.M. Rusdi Hilmi mengatakan, para khatib dan bilal se Kabupaten Tala dapat mengikuti semaksimal mungkin, sehingga segala kendala atau permasalahan yang ada dilapangan selama memberikan khotbah dapat disampaikan dan diberikan solusinya.

“Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk meningkatkan keilmuan dan pengetahuan guna mensyiarkan agama Islam yang damai dan membawa kebaikan,” ucapnya usai kegiatan tersebut.

Selain memberikan apresiasi dan penghargaan kepada PT. Arutmin atas kerjasama dalam bidang keagamaan tersebut Ka.Kankemenag berharap terus dapat bersinerji dan membawa manfaat di lingkungan Kabupaten Tala.

Perwakilan PT. Arutmin Indonesia M. Nurhilmiansyah menuturkan, dilaksanakannya kegiatan tersebut karena Arutmin mempunyai program pembinaan masyarakat. “Ini merupakan bentuk kepedulian PT. Arutmin kepada masyarakat sekitar tambang dan Tala pada umumnya,” tuturnya.

Pihaknya juga berharap, kedepannya PT. Arutmin dapat melaksanakan program-program kegiatan lebih banyak lagi yang langsung menyentuh ke masyarakat. “Kami mohon doa semoga kami dapat memberikan perhatian dan kepedulian dengan masyarakat lebih baik lagi,” harapnya.

Kegiatan tersebut diikuti 95 orang yang terdiri khatib dan bilal berasal dari perwakilan kecamatan Kintap dan Jorong dan dihadiri Kepala Kasi Bimas Islam beserta Penyuluh Agama Islam se Kabupaten Tala.

Posting Komentar

0 Komentar