Sekretaris BWI Kalsel: Kemenag dan Pemda Harus Dukung Keberadaan BWI di Tala

Sekretaris Perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Kalimantan Selatan H. Fakhrudin mengatakan, keberadaan BWI di daerah harus didukung Kementerian Agama dan pemerintah daerah. “Kemenag dan Pemda harus dukung keberadaan BWI di Tanah Laut,” ujarnya usai mengukuhkan Pengurus Perwakilan BWI Kabupaten Tala masa jabatan 2019/2022, Rabu (23/10/19) di aula Kemenag Tala.

Dikatakannya, BWI tidak akan berjalan dengan maksimal tanpa sinergitas pemerintah daerah dalam rangka mengamankan dan mengelola harta benda wakaf dengan baik. “Jangan sampai harta benda wakaf itu hilang dengan sendirinya karena tidak tercover dengan baik,” katanya.

Lebih lanjut diharapkannya, dengan dikukuhkannya pengurus BWI tersebut dapat meyakinkan masyarakat akan keberadaan lembaga yang mengelola harta wakaf Bumi Tuntung Pandang.

Selanjutnya diakhir arahannya Fakhrudin meminta kepada pengurus BWI untuk mengembangkan Wakaf tunai yang sekarang mulai dilaksanakan diberbagai daerah.

Menanggapi itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tala H. M. Rusdi Hilmi mengatakan, dengan dikukuhkannya pengurus BWI tersebut memiliki peranan penting dalam pengelolaan harta wakaf serta pemberdayaannya.

Ka.Kankemenag juga mengungkapkan, dengan adanya BWI tersebut pengelolaan wakaf yang belum berjalan secara maksimal diharapkan dapat merealisasikan pencapaian di lapangan dengan potensi wakaf dimasyarakat sehingga berbanding lurus dan mencapai titik yang ideal.

Menurutnya, tidak akan berjalan dengan baik harapan tersebut tanpa dukungan dan support pemerintah daerah khususnya dalam memberikan fasilitas selama pelaksanaan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya berwakaf khususnya dalam mengembangkan wakaf tunai.

Selain itu Ka.Kankemenag mengajak bersama-sama baik pemerintah daerah, instansi terkait atau stakehorder lainnya dan masyarakat dapat berperan aktif dalam mengoptimalkan wakaf tunai sehingga konstribusi perwakafan di tanah laut lebih banyak lagi. “Mari kita sukseskan pelaksanaan wakaf tunai untuk perwakafan Tanah Laut lebih baik lagi,” ajaknya.

Pengukuhan dihadiri staf ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Zainal Abidin, Pengurus Perwakilan BWI Kalsel dan para Kepala KUA se Kabupaten Tala.

Posting Komentar

0 Komentar