Ka.Kankemenag Tegaskan Pencairan Dana BOP Wajib Ke Rekening Pengelola BOP KUA

“Pencairan dana Biaya Operasional (BOP) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan wajib ke rekening atas nama Pengelola BOP masing masing kecamatan,” tegas Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tanah Laut (Tala) H. M. Rusdi Hilmi diarahannya pada rapat koordinasi Kepala KUA Kecamatan se Kab. Tala, Senin (07/10/19) di aula Kankemenag Tala.

Ka.Kankemenag mengatakan ketentuan tersebut menindaklanjuti Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 283 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Putusan Dirjen Bimas Islam nomor 590 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengelolaan Biaya Operasional KUA Kecamatan. “Tahun sebelumnya dana operasional itu dibayar cash, namun untuk tahun 2019 sesuai juknis terbaru harus masuk ke rekening pengelola BOP KUA masing masing kecamatan,” katanya.

Lebih lanjut Rusdi Hilmi berharap dalam penggunaan dana operasional KUA, harus ada transparansi dan sinergi antara kepala KUA dengan staf atau JFU dimasing-masing kecamatan, sehingga memudahkan dalam penggunaan dan dipertanggungjawabkan secara bersama sama. “Penggunaan anggaran harus sesuai dengan juknis terbaru dan dipertanggungjawabkan sesuai realita dilapangan, jangan sampai ada pertanggungjawaban yg tdk rasional secara logika,” pintanya.

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Kemenag Tala H. Darmawi menambahkan bahwa peraturan tersebut mau tidak mau harus kita jalankan, hal tersebut merupakan salah satu upaya menghindari dugaan-dugaan adanya pemotongan atau pungutan BOP KUA yang jelas sangat menyalahi aturan yang ada.

“Pembuatan rekening itu untuk nama rekening kita seragamkan dengan nama “Badan Pengelola Bantuan Operasional KUA Kecamatan masing masing,” tambah Darmawi.

Sementara itu salah satu perwakilan peserta rapat Kepala KUA Kecamatan Pelaihari H. Fathurrahman sangat setuju dengan ketentuan tersebut, sehingga memudahkan dalam hal pelaporan dan pertanggungjawaban anggaran ke bendahara pengeluaran. “Kami mendukung penuh Keputusan Dirjen Bimas ini, mari kita bersama sama meningkatkan kinerja kita dalam hal pelaporan anggaran yang jelas dan akurat,” ucapnya.

Rapat tersebut dipimpin langsung Ka.Kankemenag didampingi Kasi Bimas Islam Kemenag Tala tersebut dihadiri seluruh Kepala dan Bendahara KUA se Kab.Tala.

Posting Komentar

0 Komentar