Ka.Kanwil: Kemenag Harus Mengedepankan Moderasi Beragama di Tengah Keberagaman Umat

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Ka.Kanwil Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan H. Noor Fahmi mengatakan sebagai lembaga yang menaungi seluruh umat beragama di Indonesia, Kemenag harus mengedepankan moderasi beragama di tengah keberagaman umat beragama.

Hal tersebut ditegaskannya saat memberikan arahan sekaligus menutup acara Dialog Lintas Agama dikalangan Masyarakat dan Profesi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut, Senin (28/10/19) di Aula Kemenag Tala.

H. Fahmi mengatakan moderasi beragama merupakan bagian penting dalam mengelola tataran umat beragama yang plural dan multikultural di Indonesia dan khusus di Tanah Laut.

Menurut Ka.Kanwil dengan mengedepankan moderasi beragama tidak akan terjadi konflik atau perpecahan yang dapat menghacurkan bangsa Indonesia. “Moderasi beragama tidak akan melahirkan konflik akan tetapi mampu dan memahami perbedaan dengan saling menghormati dan menghargai,” ucapnya.

Diakhir arahannya Ka.Kanwil mengajak tokoh agama dan pemuka agama masing-masing agama agar dapat menyampaikan dan melaksanakan moderasi beragama dalam rangka meningkatkan dan menyadarkan pentingnya moderasi untuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Indonesia.

Sebelumnya Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tanah Laut H.M.Rusdi Hilmi mengatakan salah satu upaya menjaga keberagaman dan kerukunan umat yakni dengan mengedepankan dialog dan silaturahmi. “Melalui dialog kita dapat saling sharing dan menyampaikan serta memberikan solusi bersama jika ada permasalahan dimasyarakat,” ungkapnya.

H.Rusdi berharap melalui tokoh agama dan penyuluh agama masing-masing agama dapat menyampaikan pesan-pesan agama dengan baik dan santun sehingga tidak menimbulkan konflik yang dapat menghancurkan NKRI.

Menurutnya upaya dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan kerukunan umat beragama salah satunya adalah para tokoh agama menjadi mitra dalam membangun toleransi dan moderasi beragama.

“Toleransi modal dalam menjaga kerukunan umat beragama dan melalui Tokoh Agamalah semua pesan agama dapat disampaikan dengan baik,” pungkasnya dihadapan para tokoh lintas agama dan penyuluh lima agama, Islam, Hindu Budda, Kristen, dan Katholik.

Posting Komentar

0 Komentar