Kasi Penmad: Data EMIS Merupakan Pangkalan Data Pendis

“Data Education Management Information System (EMIS) merupakan pangkalan data Dirjen Pendis Kemenag RI,” ujar Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Tala Andri Fazrian dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Kelompok Kerja Guru (KKG) Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) se Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kamis (17/10/19) pagi di Aula RA Harapan Ibu Pelaihari.

Andri Fazrian mengatakan, EMIS merupakan manajemen data pendidikan Islam yang berperan dalam menunjang proses perencanaan dan pengambilan kebijakan program pendidikan Islam pada Kemenag RI. “Data EMIS itu wajib diinput madrasah dari tingkat RA sampai MA, baik data lembaga pendidikan, data pendidik, data kependidikan dan data sarana prasarana yang dimiliki madrasah itu sendiri,” katanya.

Lebih lanjut Kasi Penmad meminta kepada seluruh RA yang belum memiliki ijin operasional agar segera mengajukan permohonan ijin tersebut. “Jumlah RA di Tala saat ini ada 13 buah dan yang telah memiliki ijin operasional ada 9 buah, jadi masih ada 4 buah yang belum memiliki ijin operasional,” jelasnya.

Selanjutnya Andri Fazrian berharap, melalui pertemuan tersebut bagi guru yang telah dikirim pada diklat pengembangan kurikulum RA agar dapat sharing berbagi ilmu yang didapat kepada guru guru yang lain, manfaatkan waktu pertemuan tersebut sebaik mungkin, saling tukar pendapat demi peningkatan pendidikan, khususnya untuk tingkat Raudhatul Athfal (RA) di Tala.

Sementara itu Ketua KKG IGRA Tala Lilik Khusnul Chotimah menyampaikan, agenda rapat bulan ini yakni pelatihan pembelajaran dengan metode sentra atau Beyond Centers and Circle Time (BCCT), dimana anak anak RA atau PAUD tidak dibenarkan fokus belajar pada buku, namun lebih diarahkan ke metode bermain sambil belajar.

Selain itu dijelaskannya, macam-macam metode sentra atau BCCT yaitu sentra balok, sentra IMTAQ, sentra seni, sentra bahan alam, sentra musik dan gerak dan masih banyak sentra sentra lainnya yang dapat diberikan yang dapat disisipi dengan ilmu pengetahuan yang akan membentuk karakter siswa sesuai dengan ajaran agama islam.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Pengawas RA Yuni Zulfian yang diikuti oleh perwakilan guru RA se Kabupaten Tanah Laut.

Posting Komentar

0 Komentar