Ka.Kankemenag: Tanamkan Persatuan dan Kesatuan Melalui Olahraga Tradisional

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tanah Laut H.M.Rusdi Hilmi mengatakan beberapa jenis olahraga tradisional dapat menanamkan rasa persatuan dan kesatuan, saling bekerjasama demi meraih keberhasilan dan tujuan yang sama.

Menurut Rusdi, olahraga tradisional sebagai warisan dari nenek moyang harus terus dilestarikan., karena banyak pelajaran yang dapat dipetik dari beberapa olahraga tradisional seperti bakiak, tarik tambang dan dagongan.

“Hal itu mengajarkan kita untuk saling bekerjasama dan jaga kekompakan demi satu tujuan bersama dan hal itu dapat kita implementasikan dalam menjaga keutuhan bangsa ini,” jelas Rusdi Hilmi usai mengikuti pembukaan Festival Olahraga Tradisional yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Tala, Selasa (22/10/19) pagi di Halaman Dispora Tala.

Sebelumnya Bupati Tanah Laut H. Sukamta dalam sambutannya mengatakan sebagai generasi penerus bangsa sudah seyogyanya harus menghargai dan melestarikan budaya seluhur yang beraneka ragam suku dan budaya namun tetap satu, Bangsa Indonesia.

“Festival olahraga tradisional ini kita laksanakan sebagai upaya dalam mempertahankan dan melestarikan olahraga lokal sebagai kekayaan bangsa, ini perlu terus kita bangkitkan dan lestarikan agar generasi kedepan tidak kehilangan sebuah kekayaan budaya,” pungkas Bupati Tala.

Festival Olahraga Tradisional merupakan rangkaian dari peringatan hari jadi Kabupaten Tanah Laut ke 54 Tahun 2019 yang diikuti para pelajar, organisasi, club dan masyarakat umum yang akan mengikuti berbagai macam olahraga tradisional seperti Bakiak, Balogo, Tarik Tambang dan Dagongan.

Posting Komentar

0 Komentar