Kasubbag TU: Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

“Mencegah lebih baik daripada mengobati,” ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Laut (Tala) H. Zairin Fanzani usai mengikuti Pertemuan Advokasi Pengendalian Rabies dalam Rangka Hari Rabies Sedunia Tahun 2019, Kamis (10/10/19) di Aula Dinas Kesehatan Pelaihari.

H. Zairin mengatakan, peringatan hari Rabies Sedunia Tahun 2019 tersebut mengingatkan kembali akan pentingnya mencegah dan memvaksinasi virus-virus penyebab rabies. “Kita harus memperhatikan hewan peliharaan kita yang berpotensi membawa virus rabies seperti kucing maupun anjing,” katanya.

Menurutnya, peringatan hari rabies sedunia dengan mengangkat tema Vaksinasi Tuntas Rabies Bebas diharapkan para masyarakat memperhatikan dan mencegah serta mengatasi dengan cepat jika terdapat gejala penyakit rabies. “Apabila kita mempunyai hewan peliharaan sepertu anjing dan kucing atau hewan ternak lainnya pastikan sudah diberi vaksin,” ucapnya.

Sebagaimana disampaikannya mencegah atau menolak mudharat tersebut lebih diutamakan dengan dasar mendahulukan daripadanya untuk mengambil manfaat dan kemaslahatan. “Berhati-hati segenap masyarakat dan menjaga diri dari binatang yang membahayakan khususnya anjing liar yang berpotensi menyebarkan rabies,” sampainya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Tala Nina Sandra melaporkan, selama ditahun 2019 di Tala terdapat 61 kasus yang dinyatakan terbanyak kedua setelah Kota Banjarbaru dan penyebab utamanya dari gigitan anjing.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan deklarasi bersama peringatan hari rabies sedunia 2019 dihadiri perwakilan Puskesmas kecamatan se Kabupaten Tala dan Dinas lingkup Tala.

Posting Komentar

0 Komentar