Ka.Kankemenag: Alam Harus Dijaga dan Dipelihara


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut H.M.Rusdi Hilmi mengatakan sumber daya alam harus dijaga dan dipelihara dari kerusakannya. Hal tersebut diungkapkannya usai mengikuti apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional serta Apel Siaga Menghadapi Karhutla, Senin (29/04/19) di Halaman Kantor Bupati Tanah Laut.

Menurutnya dengan adanya peringatan tersebut dimaksudkan untuk membangun kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana dengan cara membangun partisipasi semua hak. Selain itu masyarkat dihimbau untuk senantiasa menjaga dan memelihara sehingga tidak terjadi bencana alam karena ulah manusia.

H. Rusdi memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang berkomitmen bersama, bersinerji menjaga kerusakan alam dengan melakukan pengawasan terhadap hutan lindung sehingga tidak terjadi kebakaran maupun banjir.

Sebelumnya H.Rusdi membacakan do’a dan berharap apel tersebut mampu menjadi momentum untuk mengingat, komitmen bersama membangun daerah, sekaligus untuk membudayakan latihan simulasi penanganan bencana secara terpadu, terencana dan berkesinambungan, guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Tanah Laut dan Indonesia tanggap & tangguh bencana.

Ditempat yang sama dalam sambutan Bupati Tanah Laut H. Sukamta menyampaikan kabupaten Kabupaten Tanah Laut agar berpartisipasi dan turut serta memberikan konstribusi dalam menangani Kebakaran hutan  serta menyiapkan SDM untuk melakukan penanganan dan pencegahan kebakaran.

Karenan menurut Bupati Kabupaten Tanah Laut merupakan salah satu Kabupaten di Prov. Kalsel yang setiap tahunnya mengalami bencana, antara lain  Bencana Banjir, Angin Puting Puting Beliung dan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Dalam penanganan tersebut harus ada penanggulangan bencana yang terkonsep dengan benar, sehingga dapat segera dilaksanakan,” tegasnya dihadapan TNI/Polri, Pejabat Eselon II dan ASN dilingkungan Pemerintah Daerah.

Lebih lanjut Bupatu menegaskan bencana alam banyak dan bisa terjadi kapanpun waktu dan situasi, “Bila kita siaga sejak dini, Insyaallah korban  bisa diantisipasi secepat mungkin,” ucapnya lagi.

Posting Komentar

0 Komentar