Ka.Kanwil Kalsel : Tes CBT Tentukan Siswa Berstudi Di Kampus Prestasi


“Tes CBT sangat menentukan siswa masuk untuk berstudi di kampus prestasi, MAN IC Tala,”tegas Kapala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel H. Noor Fahmi saat memberikan sambutan pada pembukaan Computer Based Test (CBT) Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia Tanah Laut, bertempat di Halaman Laboratorium Sains dan Teknologi MAN IC Tala, Sabtu (13/04/19) pagi.

Ka.Kanwil Kalsel mengatakan hasil tes CBT tersebut sangat menentukan lulus tidaknya siswa masuk di MAN IC Tanah Laut. “Seleksi tahun ini hanya melalui tes CBT dan tidak ada tes wawancara, jadi hasilnya nanti murni dari nilai CBT yang kalian peroleh saja”tegasnya.

Lebih lanjut H. Noor Fahmi mengatakan MAN IC merupakan program unggulan Kementerian Agama yang bertujuan untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang menguasai sains dan teknologi yang diimbangi dengan pengetahuan agama Islam.

Diakhir sambutannya Ka.Kanwil meminta kepada seluruh peserta untuk mengikuti tes tersebut dengan sungguh sungguh, “Dan jika nanti ada yang tidak lulus, berarti kalian belum berkesempatan untuk belajar di MAN IC Tala dan jangan patah semangat terus maju raih cita cita kalian dimanapun itu,”pungkasnya.

Sementara itu Kepala Madrasah MAN IC Tala Hilal Najmi melaporkan SNPDB tahun ini merupakan tahun ke empat yang dilaksanakan dengan jumlah pendaftar berjumlah 556 siswa, “Dan yang telah dinyatakan lulus seleksi berkas dan akan mengikuti tes hari ini berjumlah 540 siswa,”jelasnya.

Hilal Najmi mengatakan secara kuantitas SNPDB tahun ini mengalami penurunan pendaftar, namun secara kualitas kita mengalami kenaikan karena sosialisasi tahun ini tidak dilakukan masuk ke sekolah bertatap muka dengan calon siswa namun kita hanya menitipkan perangkat sosialisasi ke Kementerian Agama Kab./Kota. “Itu artinya pendaftar tahun ini merupakan siswa yang sudah punya minat sendiri untuk berstudi di MAN IC, berbeda dengan tahun sebelumnya kita langsung bertatap muka dengan calon siswa memberikan sosialisasi guna memunculkan minatnya untuk berstudi di madrasah kita,”pungkasnya.

Ditempat terpisah Ka.Kankemenag Tanah Laut H.M.Rsdi Hilmi mengatakan tahun ini MAN IC Tala akan menerima hibah anggaran pembangunan pagar dan masjid. “Segala sarana dan prasarana fasilitas di MAN IC dari tahun ke tahun akan terus dilengkapi dan ditingkatkan, mohon doa dan dukungan dari semua pihak,”pintanya.

Pelaksanaan CBT tersebut akan dilaksanakan dengan empat sesi, selama dua hari dari tanggal 13 s.d. 14 April 2019 dengan memakai 6 ruang dengan kapasitas per ruang 22 - 24 siswa, dengan bobot soal 40 % tes akademik dan 60 % tes psikotes.

Posting Komentar

0 Komentar