Ka.Kankemenag : Porsadin Ajang Pengembangan Bakat dan Pembentukan Karakter Santri

“Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) sebagai ajang pengembangan bakat dan pembentukan karakter santri,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tanah Laut (Tala) H. M. Rusdi Hilmi dalam sambutannya pada pembukaan Porsadin 3 Tingkat Kabupaten Tala, Sabtu (27/04/19) siang di lapangan Pertasi Kencana Pelaihari. 

Lebih lanjut Ka.Kankemenag mengatakan pengembangan bakat dan pembentukan karakter anak sangatlah penting guna menyiapkan generasi penerus bangsa yang berilmu dan berakhlak mulia sesuai dengan ajaran agama Islam.

“Momentum Porsadin ini mari kita jadikan momentum penting bagi eksitensi keberadaan madrasah diniyah takmiliyah ditengah tengah masyarakat,” ajaknya.

Diakhir sambutannya Ka.Kankemenag meminta kepada seluruh pesrta lomba untuk mengikuti ajang ini dengan jujur dan sportifitas serta tetap mengedepankan jalinan tali silaturahmi. “Ukir prestasi semaksimal mungkin, sehingga kalian nanti dapat mewakili Tanah Laut pada ajang Porsadin tingkat Provinsi,” pintanya.

Sementara itu Bupati Tala H. Sukamta dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi dan dukungan penuh terhadap terselenggaranya ajang Porsadin tersebut. “Dengan digelarnya Porsadin ini, itu smenunjukkan eksistensi dan kesungguhan MDT dalam membangun dan membentuk karakter para santri sebagai generasi penerus yang akan datang,” ujarnya.

Selain itu dikatakannya, ajang Porsadin merupakan ajang aktualisasi diri seluruh santri MDT dan sebagai pembuktian bahwa santri madrasah tidak hanya terfokus pada pelajaran agama saja, namun olahraga dan seni tetap dikedepankan agar kelak menjadi santri beriman, berakhlak mulia, kreatif, mandiri dan juga sehat sebagaimana ungkapan didalam jiwa yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.

Ketua Panitia Porsadin Muhammad Noor menyampaikan, peserta secara keseluruhan berjumlah 350 santri yang mengikuti lomba kategori lomba seni dan olahraga. “Ada 12 cabang lomba yang akan diperlombakan diantaranya pidato bahasa arab, pidato bahasa Indonesia, Tahfiz, Puisi Islami, Kaligrafi, MTQ, MQK, Bulutangkis dan Atletik,” sampainya.

Porsadin 3 Tingkat Kabupaten Tanah Laut dilaksanakan dari 27 s.d. 28 April 2019 yang dibuka secara resmi Bupati Tala yang ditandai dengan pemukulan gong.

Posting Komentar

0 Komentar